Emas

oleh

Sekilas tentang Emas

Emas adalah salah satu mineral yang berharga di dunia. Emas memiliki sejarah yang panjang dan menarik dalam berbagai industri. Dalam masing-masing aplikasi yang digunakan, emas memberikan kinerja yang luar biasa karena sifat yang unik. Emas memiliki titik lebur yang tinggi dan mudah untuk di daur ulang.

Emas berwarna kuning and kegunaan utamanya adalah untuk membuat permata dan perhiasan. Emas juga digunakan oleh banyak Negara untuk menjamin nilai mata uang sehingga ekonomi negaranya tidak terpengaruh oleh fluktuasi nilai mata uang. Orang yang menggunakan perhiasan dan aksesoris yang terbuat dari emas melambangkan prestise dan menempatkan kelas sosial yang lebih tinggi. Hal tersebut menunjukkan nilai tinggi yang melekat pada emas.

Indonesia merupakan Negara yang memiliki cadangan emas terbesar di dunia. Secara tradisional, emas menjadi hasil sampingan dari pertambangan tembaga. Hampir sebagian dari total produksi emas Indonesia terdapat di tambang Grasberg. Emas menjadi salah satu komponen penting perekonomian Indonesia.

Faktor Penggerak di Pasar Emas

Harga untuk pasar fisik emas di pasar internasional mengacu pada harga di Loco London.

Inflasi di pasar merupakan pendorong utama industri emas di Indonesia. Ketika mata uang Rupiah kehilangan nilainya, hal tersebut tidak akan berdampak pada Emas. Faktor tersebut membuat emas dicari oleh pelaku pasar yang ingin mengamankan uang mereka saat terjadi inflasi. Pendapatan yang meningkat dan daya beli konsumen emas juga mendorong industri emas Indonesia.

Permintaan akan emas meningkat saat daya beli konsumen menguat. Tentunya, penambangan produk emas juga akan meningkat.

Teknik lindung nilai dan strategi termasuk instrumen keuangan manajemen resiko pasar, seperti emas berjangka, dapat memperbaiki dan meningkatkan efisiensi serta daya saing.