oleh

Nilai Tukar Rupiah Menguat ke Level Rp 15.722 per Dolar AS

suara.com – Pergerakan nilai tukar rupiah pada hari ini bergerak menguat terhadap dolar AS. Penguatan ini melanjutkan, pergerakan pada Senin kemarin.

Seperti dikutip data kurs tengah Bank Indonesia atau Jakarta Interbank Spot Dolar Rate (JISDOR), nilai tukar rupiah berada di level Rp 15.722 per dolar AS. Level itu menguat dibanding Senin kemarin yang berada di level Rp 15.851 per dolar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, saat ini sentimen pasar cukup positif pagi ini dengan indeks saham Asia dan indeks saham berjangka AS bergerak positif pagi ini. Sehingga, membantu rupiah bisa menguat di pembukaan hari ini.

Selain itu, pergerakan nilai tukar rupiah juga menantikan keputusan kebijakan moneter Bank Indonesia hari ini.

“BI kemungkinan akan memangkas suku bunga sebesar 25 basis poin untuk memberikan stimulus ke pasar karena dampak negati wabah covid-19 ke perekonomian Indonesia,” ujar Aris dalam Riset Hariannya, Selasa (14/4/2020).

Menurut Aris, kebijakan pemangkasan ini juga sejalan dengan kebijakan pemangkasan suku bunga lanjutan the Fed yang sudah mendekati 0 persen. Kebijakan untuk membantu pemulihan ekonomi bisa positif untuk rupiah.

“Sebelumnya pasar akan melihat hasil data Neraca Perdagangan Tiongkok untuk bulan Maret. Data ini bisa menjadi sentimen negatif ke aset berisiko bila hasilnya di lebih buruk dari estimasi,” imbuh Aris.

News Feed